Otomotif

Suzuki S-Presso VS Daihatsu Rocky, Mana Lebih Unggul?

Kabar kehadiran Suzuki S-Presso di Tanah Air kian santer setelah data SUV kompak ini terdaftar di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham. Kemungkinan besar akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Jika benar hadir di Indonesia, maka mobil ini akan menjadi pesaing untuk SUV kompak Daihatsu Rocky, termasuk menjadi kompetitor bagi saudaranya, Toyota Raize.

Secara dimensi, S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.565 mm, dan wheelbase 2.380 mm. Dimensi lebih kecil dari Rocky yang punya panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm.

Kemudian dari sektor dapur pacu, S-Presso mengusung mesin bensin tiga silinder berkubikasi 1.000cc yang menghasilkan tenaga sebesar 68 PS dan torsi 90 Nm.

Sementara Rocky dibekali mesin 1KR-VET tiga silinder turbo berkapasitas 1.000cc yang mengeluarkan tenaga 97,9 PS dan torsi 140 Nm.

Meskipun secara performa Suzuki S-Presso masih kalah dari Daihatsu Rocky, namun SUV kompak Suzuki ini dibekali sejumlah fitur canggih terbaru.

Adapun fitur canggih yang dihadirkan antara lain, ABS dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), airbag ganda, rear parking assist system, peringatan kecepatan tinggi serta sensor parkir mundur.

Daihatsu Rocky juga dibekali fitur terkini seperti ABS dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist, dan Advanced Safety Assist (ASA).

Dari segi harga, Suzuki S-Presso dipasarkan di India dengan banderol 411.000 Rupee atau sekitar Rp 79,5 juta. Sementara varian tertingginya dijual dengan harga 498.000 Rupee atau sekitar Rp 96,5 juta.

Harganya lebih murah dari Daihatsu Rocky yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 178,9 juta untuk varian 1.2 M MT. Sementara varian tertinggi 1.0 R TC CVT ASA dilego dengan banderol Rp 236,1 juta.

Suzuki S-Presso akan bersaing di segmen mobil murah bergaya crossover alias SUV kompak. Dengan harga yang lebih terjangkau, tidak heran jika SUV terbaru Suzuki ini berpotensi mengganggu pasar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Di segmen ini, Suzuki sebenanya sudah punya senjata, yakni Suzuki Ignis dan Karimun Wagon R. Mungkinkah Suzuki S-Presso akan menjadi suksesor salah satu mobil murah Suzuki itu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.