Kesehatan

Prosedur Operasi Hip Replacement

Saat berjalan, tulang yang akan bekerja sangat intens adalah kaki dari bawah ke atas. Pada persendian seperti pergelangan kaki, lutut, dan pinggul, beban dari atas akan tertahan dan gesekan diminimalkan.

Jika persendian terganggu, terutama di bagian pinggul, kemungkinan mengalami nyeri akan semakin besar. Bahkan, bisa menyebabkan pasien tidak bisa berjalan dengan lancar. Operasi ganti bonggol paha adalah solusi terbaik ketika pilihan pengobatan lain tidak dapat menangani rasa sakit secara optimal.

Apa itu Operasi Penggantian Pinggul Total?

Total hip replacement (THR) atau lebih dikenal dengan operasi penggantian pinggul adalah prosedur pembedahan dimana ahli bedah ortopedi akan melakukan pembedahan untuk mengangkat sendi panggul yang nyeri akibat arthritis dan menggantinya dengan sendi buatan. Sambungan buatan biasanya terbuat dari komponen logam dan plastik.

Mengapa Operasi Penggantian Pinggul Harus Dilakukan?

Tujuan dari penggantian pinggul adalah untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan fungsi pinggul. Penggantian pinggul biasanya dipertimbangkan hanya setelah terapi lain, seperti obat pereda nyeri dan terapi fisik, gagal menghilangkan rasa sakit.

Ada beberapa kondisi medis yang memerlukan penggantian pinggul sebagai solusi pengobatan antara lain:

  • Kegagalan sendi yang disebabkan oleh osteoartritis
  • Artritis reumatoid
  • Artritis traumatis
  • Patah tulang pinggul
  • Nekrosis avaskular
  • Tumor tulang jinak dan ganas
  • Dan kondisi lain yang kurang umum

Durasi Operasi dan Pemulihan Operasi Penggantian Pinggul

Operasi penggantian pinggul total memakan waktu sekitar 2-4 jam tergantung kondisi pasien. Setelah operasi, pasien akan tinggal di rumah sakit setidaknya selama 4-5 hari.

Waktu pemulihan tergantung pada kesehatan umum pasien, usia, dan hasil operasi. Rehabilitasi adalah faktor yang sangat penting dalam hasil keseluruhan operasi penggantian pinggul, dan biasanya akan dimulai sesegera mungkin setelah operasi.

Berapa Lama Implan Sendi Pinggul Bisa Bertahan?

Sekitar 85% dari implan sendi pinggul akan bertahan setidaknya selama 20 tahun.

Kelebihan dari Penggantian Pinggul Total:

  • Total Hip Replacement dapat mengobati gejala nyeri pinggul yang parah dan kekakuan pada pasien yang mengalami kesulitan berjalan, berdiri, dan menaiki tangga.
  • Total Hip Replacement juga dapat mengatasi gejala nyeri pada pasien yang tetap merasakan nyeri meskipun sedang istirahat.
  • Total Hip Replacement dapat menjadi solusi bagi pasien arthritis yang sudah rutin minum obat dan melakukan fisioterapi namun belum membaik.
  • Total Hip Replacement adalah salah satu prosedur bedah paling sukses di dunia medis. Operasi ini dapat dilakukan pada pasien dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

Kekurangan Penggantian Pinggul Total:

  • Komponen logam, keramik, atau plastik yang digunakan untuk Total Hip Replacement dapat aus seiring waktu. Kerusakan ini terutama dipercepat oleh olahraga seperti berlari, jogging, melompat, dan juga dengan kelebihan berat badan.

Jika gaya hidup dijaga dengan baik, Total Hip Replacement biasanya bisa bertahan hingga belasan tahun.

  • Ada resiko umum operasi seperti resiko infeksi bakteri di daerah luka, pembentukan bekuan darah (emboli) yang dapat mengalir ke paru-paru atau otak dan menyebabkan kondisi darurat, serta resiko kerusakan pembuluh darah. atau saraf di daerah panggul.
  • Ada kemungkinan dislokasi atau keluarnya bola caput femur baru dari acetabulum.
  • Ada kemungkinan sendi panggul yang baru akan mengendur seiring waktu karena bola caput femur tidak lagi sepenuhnya menempel pada kurva acetabulum.
  • Ada resiko perbedaan panjang kaki kanan dan kiri setelah operasi.

Perkiraan Biaya Operasi Penggantian Pinggul

Total biaya operasi hip replacement mulai dari RM20,000 atau sekitar Rp 70 Juta. Biaya tersebut merupakan biaya paket yang meliputi biaya operasional, rawat inap, dan obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.