Kesehatan

Beberapa Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

Gangguan pada mulut yang cukup sering dialami oleh sebagian orang yakni gusi bengkak. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya pembesaran atau benjolan pada area gusi, pembekakan yang terjadi ini biasanya dapat menimbulkan rasa tak nyaman, bahkan tak jarang, gusi bengkak ini juga diseretai nyeri dan bau mulut.

Pastinya jika anda mengalami hal tersebut menimbulkan rasa tak nyaman. Berikut ini ulasan tentang beberapa cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan alami.

Apa saja beberapa cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan alami?

 

  1. Berkumur dengan air lemon

Cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan alami yang pertama adalah berkumur dengan air lemon. Gigi berlubang bisa menjadi salah satu sebeb terjadinya pembekakan pada gusi, berkumur dengan menggunakan air larutan dari perasan buah lemon ini dapat digunakan membunuh bakteri yang ada di mulut, yang dimana bakteri tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang.

Buah lemon juga memiliki kandungan asam yang dapat membantu mengatur tingkat keseimbangan pH di dalam mulut. Cara ini gampang untuk anda terapkan dirumah, dengan berkumur menggunakan air hangat yang telah di campur dengan perasan lemon.

  1. Kompres menggunakan air hangat

Cara selanjutnya adalah dengan kompres menggunakan air hangat. Cara ini juga efektif untuk mengatasi gusi bengkak, mengkompres dengan es batu digunakan ketika gusi tidak disertai nyeri dan berdenyut. Sebaliknya jika gusi anda disertai dengan adanya rasa nyeri dan berdenyut, anda bisa menggunkan air hangat utuk mengkompresnya.

  1. Berkumur dengan menggunakan air garam

Tentunya tak asing lagi bagi anda ketika mendengar kata garam, yang mana garam ini adalah salah satu bahan bumbu dapur yang sering digunakan ketika memasak. Bahan ini digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan yang akan di olah.

Kandungan antiseptik pada garam memiliki manfaat yang dapat membantu mencegahan pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut, dan juga dapat mengurangi bakteri di area gusi yang mungkin bisa menjadi salah satu penyebab pembengkakan. Untuk penggunaanya, campurkan 1 sendok garam dengan air hangat, kemudian anda kumur selama 30 detik. Setidaknya lakukan cara ini dua kali sehari sampai bengkaknya mereda.

  1. Menggunakan kunyit

Selain juga menjadi bahan bumbu dapur ternyata kunyit juga memiliki manfaat untuk mengatasi gusi bengkak. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat anti oksidan dan anti inflasi. Oleh sebab itu kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan radang yang disebabkan oleh pembekakan.

Selain itu kunyit juga dipercaya baik untuk kesehatan mulut. Sediakan satu sendok teh bubuk kunyit lalu campurkan sedikit air sampai berbentuk seperti pasta, gosokan pada gigi, setalah itu lalu anda oleskan campuran tersebut pada gusi yang bengkak, tunggu selama 10 menit, kemudian anda bersihkan dengan berkumur air hangat hingga bersih. Lakukanlah cara ini dua kali sehari sampai gusi bengkak mereda.

  1. Menggunakan bawang putih dengan mengoleskannya pada gusi bengkak

Cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan alami yang terakhir adalah menggunakan bawang putih dengan mengoleskannya pada gusi bengkak. Bahan alami ini selain juga memiliki manfaat sebagai bahan bumbu dapur, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak.

Kandungan antiseptik di dalam bawang putih dapat membantu melawan bakteri penyebab gusi bengkak. Anda bisa menggunakan bahan alami ini dengan menyiapkan sepotong bawang putih dan satu sendok teh garam, kemudian haluskan bahan tersebut lalu oleskan pada gusi yang sakit.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.