Gaya

Ini Deratan Buah dan Sayuran yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini karena indra penglihatan memiliki peran penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengistirahatkan mata dari berbagai kegiatan menjadi salah satu cara untuk menjaga mata tetap sehat. Langkah lainnya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Hal ini dapat melindungi mata termasuk dari penyakit seperti katarak dan rabun. Mengutip dari laman Healthline, beberapa makanan tersebut yaitu:

1. Ikan

Ikan bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya memiliki asam lemak omega-3. Ini adalah lemak “sehat”. Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Hal ini juga dapat membantu mencegah mata kering.

2. Telur

Telur adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng. Semua zat ini penting untuk kesehatan mata. Vitamin A pada telur dapat melindungi kornea. Sedangkan Lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan kesempatan degenerasi makula terkait usia dan katarak. Sementara seng berkontribusi pada kesehatan retina. Zat ini juga membantu mata melihat di malam hari.

3. Almond

Almond, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E. Vitamin ini menjaga molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Mengkonsumsi vitamin E secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak.

4. Susu

Susu dan yogurt baik untuk mata. Makanan ini mengandung vitamin A serta mineral dan seng. Vitamin A melindungi kornea sementara seng membantu membawa vitamin itu ke mata dari hati. Seng ditemukan di seluruh mata, terutama retina dan koroid, yaitu jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Sementara mineral penting untuk membantu penglihatan pada malam hari serta pencegahan katarak.

5. Wortel

Wortel memang terkenal baik untuk kesehatan mata. Seperti kuning telur, wortel memiliki vitamin A dan juga beta karoten. Vitamin A dan beta karoten membantu menjaga permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.

6. Kale

Kale mengandung begitu banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Hal ini sangat baik untuk kesehatan mata. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin, juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

7. Jeruk

Jeruk dan buah lainnya mengandung vitamin C, yang merupakan kunci kesehatan mata. Vitamin, yang ditemukan terutama dalam buah-buahan dan sayuran segar, berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata. Hal ini dapat memerangi perkembangan katarak, dan dalam kombinasi dengan vitamin dan nutrisi lain, dapat mengurangi degenerasi makula terkait usia.

WINDA OKTAVIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.