Bisnis

Ke Pedagang Malioboro, Luhut: Saya Minta Semua Sabar, Kita Cari Jalan Bersama

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk meninjau penanganan Covid-19. Salah satu lokasi tujuan peninjauannya adalah Pasar Klewer di Solo.

Bertemu para pedagang di pasar tersebut, Luhut meminta protokol kesehatan ditaati dengan disiplin. Luhut mengingatkan mereka tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mau melakukan vaksinasi.

“Dengan disiplin masyarakat yang baik, harapannya ke depan sudah bisa terjadi pelonggaran pelan-pelan agar para pedagang bisa bergerak, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Luhut dalam keterangannya pada Kamis malam, 5 Agustus 2021.

Kunjungan Luhut didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan wali kota masing-masing daerah. Selain berkeliling di Pasar Klewer, Luhut menyambangi tempat isolasi terpusat serta sentra vaksinasi di wilayah aglomerasi Solo, yaitu Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten.

Dua di antaranya, Asrama Haji Donohudan dan SMA 1 Solo. Asrama Haji Donohudan saat ini menjadi tempat vaksinasi, isolai terpusat, dan rumah sakit darurat. Sedangkan di sentra vaksin di SMA 1 Solo, Luhut melihat layanan vaksinasi bagi pelajar sekolah menengah.

Luhut meminta vaksinasi di Solo dan sekitarnya diperbanyak sampai akhir bulan ini mengingat tingkat penyebaran virus corona akibat munculnya varian delta masih merebak. “Kami akan terus mendorong pasokan vaksin ke wilayah-wilayah yang membutuhkan,” ujar Luhut.

Kemudian, Luhut melanjutkan perjalanan ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Luhut mengunjungi Stasiun Tugu dan bertemu dengan kepala stasiun. Luhut bertanya situasi stasiun serta kondisi mobilisasi penumpang beberapa pekan ke belakangan.

Kunjungan dilanjutkan ke Malioboro. Luhut melakukan dialog dengan pedagang serta warga setempat. Menurut Luhut, para pedagang telah melakukan vaksinasi. Luhut mengingatkan kepada seluruh warga yang berada di Malioboro untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak.

“Saat ini saya minta semua sabar, kita cari jalan bersama dan ekonomi juga bisa pulih kembali. Saya pesankan untuk semuanya yang penting sekarang sehat,” kata Luhut.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.