Kesehatan

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Masa Nifas

 Masa nifas bukan akhir dari pemantauan terhadap ibu yang telah melahirkan. Delapan minggu setelah persalinan merupakan masa pemulihan yang benar-benar harus diperhatikan demi kesehatan Ibu. Sebab di masa inilah terjadi pemulihan semua organ ke masa sedia kala sebelum hamil.

Hal-Hal Yang Perlu Menjadi Perhatian Setelah Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan terjadi peristiwa penting yang involusi (menyusutnya) uterus (rahim) ke bentuk semula. Karena proses tersebutlah tubuh memerlukan banyak faktor pendukung agar masa pemulihan dapat berjalan lancar. 

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi ibu nifas agar masa pemulihan tersebut dapat berjalan lancar.

Menjaga Kebersihan Diri

Kebersihan diri ini adalah yang penting pada masa ini. Sebab darah yang keluar pada masa setelah melahirkan ini dapat menjadi masalah jika tidak dibersihkan. Gantilah pembalut minimal dua kali sehari atau sesuaikan dengan banyaknya darah yang keluar.

Dapat dengan menggunakan sabun khusus kewanitaan ataupun rebusan sirih. Bagi yang mengalami robekan jalan lahir, upayakan untuk jangan terlalu sering menyentuh bagian tersebut agar lukanya cepat sembuh.

Gunakan antiseptik jika ingin membersihkan area jahitan atau robekan jalan lahir ataupun perineum.

Cukup Beristirahat

Istirahat yang cukup setelah melahirkan sangat diperlukan. Sebab selain proses pemulihan, pola istirahat juga akan berpengaruh pada proses pembentukan ASI. Apalagi bayi baru lahir yang sering menyusu pada malam hari tentunya mengganggu waktu istirahat.

Oleh karenanya jika bayi tidur usahakan untuk segera istirahat agar tubuh tidak kelelahan. Sebaiknya lakukan komunikasi dengan suami atau keluarga untuk membantu melakukan pekerjaan. Mintalah bantuan jika tubuh mengalami kelelahan agar tidak mengganggu proses pemulihan ataupun produksi ASI.

Makan Makanan Bergizi

Ibu menyusui atau dalam masa sesudah melahirkan memerlukan nutrisi dan gizi yang seimbang. Terutama 3 bulan setelah persalinan tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena memang Ibu dalam masa ini sedang mengalami proses pemulihan luka dan juga proses produksi ASI untuk bayi.

Untuk kebutuhan air sendiri sebaiknya minimal 3 liter sehari agar tidak dehidrasi dan memperlancar produksi dari ASI. Kalori yang dibutuhkan saat masa ini juga mengalami peningkatan hingga 500 kalori.

Oleh karenanya perbanyak makanan yang mengandung sayur dan juga buah yang terbukti mengandung banyak protein, vitamin, zat besi dan mineral. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin A segera setelah melahirkan. Dilanjutkan minum vitamin A yang kedua 24 jam kemudian.

Melakukan Breast Care

Breast care disini adalah perawatan payudara. Hal ini sangat penting untuk kebersihan puting dan juga melancarkan produksi ASI. Jika mengalami puting lecet, oleskan ASI ataupun kolostrum pada bagian yang lecet tersebut. 

 

Bersihkan payudara, puting hingga bagian areola dengan menggunakan air hangat. Selain untuk merawat payudara juga dapat melancarkan aliran darah dan juga proses pembentukan ASI. Lakukan juga massage pada payudara agar ASI menjadi lancar.

 Pada saat pasca melahirkan dianjurkan juga untuk olahraga ringan agar badan tetap sehat. Misalnya saja yoga, jogging ataupun berjemur. Hal tersebut untuk membantu kerja organ tubuh menjadi lebih optimal.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.