Gaya

3 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit Tubuh

Centella asiatica merupakan tanaman liar yang berasal dari kawasan tropis di Asia. Tanaman jenis ini banyak tumbuh di area perkebunan, ladang, tepi jalan, maupun pematang sawah.

Di Indonesia, tanaman ini sering mendapat julukan daun pegagan yang terkenal memiliki kandungan flavonoid dan asam amino tinggi yang bermanfaat untuk melawan jerawat serta melembapkan dan memberi rasa sejuk pada kulit.

Mengutip dari jurnal litbang pertanian yang diproduksi oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, memang sejak berabad-abad lalu Centella asiatica telah digunakan oleh orang-orang Asia untuk mencegah penuaan dini. Kandungan asiaticoside dan madecassoside yang dimiliki oleh tanaman ini dipercaya dapat meredakan kerutan, garis halus, serta iritasi pada kulit.

Dikutip dari jurnal.fk.unand.ac.id, berikut ini beberapa manfaat tumbuhan Centella asiatica bagi kulit tubuh:

1. Mengurangi Peradangan

Kandungan saponin yang terdapat pada Centella asiatica terbukti ampuh untuk mencegah iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan. Selain itu, kandungan saponin ini juga dapat berguna untuk meringankan gejala-gejala penyakit tertentu seperti psoriasis, scleroderma, eksim atopik, dan dermatitis.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Kulit

Orang-orang yang mengalami luka akibat kebakaran biasanya akan menggunakan Centella asiatica untuk mengobati kondisi tersebut. Kandungan zat terpenoid yang ada pada tumbuhan ini sangat berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen serta menunjang pembentukan pembuluh darah pada sel kulit baru.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Ekstrak daun Centella asiatica mampu memproduksi kadar sebum dengan jumlah yang cukup banyak sehingga saat dioleskan pada kulit maka kadar tersebut dapat berguna untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit manusia. Ditambah lagi, kandungan antioksidan dari tanaman Centella asiatica juga bermanfaat untuk mencegah penguapan air dari lapisan epidermis pada kulit.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.