Pendidikan

Prospek Kerja Mahasiswa Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan merupakan ilmu yang mempelajari semua proses pengolahan bahan makanan menjadi makanan yang dapat dikonsumsi. Prosesnya meliputi penyortiran, pengawetan, pengemasan, pendistribusian, dengan menjaga dan memastikan hasilnya aman dan tetap bergizi.

Dalam teknologi pangan, Anda akan mempelajari sifat fisik, mikrobiologi, dan kimia bahan makanan serta proses pengolahannya, selain itu Anda juga akan mempelajari pengetahuan tentang alat dan mesin pengolah yang digunakan. Fokus utama dari teknologi pangan itu sendiri adalah pada makanan kemasan.

Apa saja prospek kerja untuk Teknologi Pangan?

Mencari jurusan kuliah tidak hanya berdasarkan minat atau bakat saja, tetapi Anda juga harus melihat prospek pekerjaan. Karena kuliah kelas karyawan di bandung itu sulit dan mahal, maka perjuangan empat tahun untuk kuliah menjadi sia-sia jika sulit mencari pekerjaan.

Berikut beberapa teknologi pangan prospek kerja :

Menjadi PNS

Peluang karir pertama adalah pemerintah, karena banyak instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga ahli pangan. Sehingga setiap ada pembukaan CPNS, banyak formasi yang harus diisi oleh lulusan ilmu pangan.

Namun untuk lolos seleksi CPNS tidaklah mudah karena persaingan yang ketat dan tersebar di seluruh Indonesia. Namun dengan kemampuan dan rasa percaya diri yang tinggi, peluang menjadi PNS sangat terbuka lebar.

Karir di Perusahaan Farmasi

Pilihan selanjutnya adalah berkarir di industri atau perusahaan farmasi. Karena lulusan ilmu pangan memiliki pengetahuan dalam pengemasan makanan, dimana obat-obatan juga perlu dikemas sesuai standar bahan makanan tersebut.

Bekerja di Supermarket

Pastinya di Supermarket menyediakan berbagai produk kebutuhan pokok, terutama kebutuhan pangan. Mulai dari sayuran yang umumnya merupakan sayuran hidroponik hingga makanan kemasan.

Supermarket akan membutuhkan ahli makanan dari departemen ilmu makanan untuk memeriksa kualitas produk yang dijual. Sehingga dapat menjamin kualitas dan keamanannya sebelum dibeli oleh masyarakat.

Konsultan Makanan dan Gizi

Profesi selanjutnya adalah konsultan makanan dan gizi, profesi ini cukup langka dan peluangnya terbatas. Namun seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga pola makan yang sehat membuka peluang yang lebih besar bagi profesi ini untuk berkembang.

Anda bisa mengejarnya, dan mulai dengan rutin memberikan edukasi tentang pola makan sehat, memilih bahan makanan, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga dapat menjadi nara sumber untuk seminar dan workshop yang membahas masalah gizi dan pangan.

Pengembang Produk

Di dunia food material, menjadi product developer adalah profesi favorit dan dikenal sebagai posisi tertinggi di industri food material. Tugas utama pemilik profesi ini adalah mengembangkan atau membuat resep baru di perusahaan.

Sehingga memiliki peran vital dalam menjaga keberlangsungan perusahaan melalui resep-resep yang dibuat dan menjaga kerahasiaan resep tersebut.

Kontrol kualitas

Lulusan dari jurusan ilmu pangan juga dapat mengisi posisi Quality Control di perusahaan makanan. Terutama yang memproduksi makanan dan minuman. Karena ilmu yang digunakan dari perkuliahan untuk membantu menentukan produk yang dibuat.

Sebelum dipasarkan produk akan diuji dan diteliti keamanannya. Jika memenuhi standar dan terbukti aman, perusahaan baru bisa mendistribusikannya ke pasar.

Setelah anda mengetahui prospek kerja teknologi pangan di masa depan pastinya anda tertarik bukan untuk kuliah di teknologi pangan prospek kerja? Yuk jadikan impian mu terwujud bersama kami Ma’soem University untuk lebih jelasnya lagi anda bisa mendatangi langsung alamat kampus kami : Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.