Travel

Wisata Kuliner Malam di Pantai Sakura Untung Jawa, Cicip Ragam Menu Khas Jepang

Para wisatawan yang datang ke Pulau Untung Jawa ke Kepulauan Seribu kini tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai dan lautnya. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu pada Selasa, 9 November lalu milai membuka wisata kuliner Kampung Jepang di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa sampai malam hari, khusus pada akhir pekan.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Hastuti mengatakan wisata kuliner malam hari itu dihadirkan untuk memberi alternatif kepada wisatawan agar tak semua datang pada siang hari sehingga menyebabkan kerumunan. “Kalau ada wisata malam, diharapkan wisatawan yang hanya datang pada Sabtu-Minggu itu tidak menumpuk,” kata dia, Selasa.

Pulau Untung Jawa memang lebih banyak didatangi oleh wisatawan pada akhir pekan. Jumlah kunjungan ke sana juga tertinggi diantara pulau wisata lain di sekitarnya karena aksesnya yang tergolong mudah sehingga transportasi lebih murah.

“Itu sebabnya Untung Jawa merupakan pulau yang paling tertinggi jumlah kunjungannya, baik itu setiap Sabtu atau Minggu. Nah, untuk mengurangi penumpukan atau kerumunan-kerumunan itu dalam masa pemulihan pasca-COVID ini, perlu diatur terkait dengan kunjungan wisata,” kata Puji.

Wisata malam di Kampung Jepang diperkenalkan secara resmi oleh Bupati Kepulauan Seribu Junaedi saat puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Kepulauan Seribu. Peresmian Kampung Jepang dilaksanakan pada malam hari untuk menunjukkan bahwa kawasan wisata itu nantinya juga akan dibuka pada malam hari.

“Nanti disiapkan lampu-lampu penerangannya agar bapak ibu bisa menikmati keindahan yang ada di Pantai Sakura,” kata Junaedi.

Wisata kuliner malam di Pulau Untung Jawa sementara dibuka hingga pukul 21.00 WIB sesuai ketentuan pemerintah. Adapun ragam kuliner yang disediakan berasal dari pedagang di lokasi binaan Kampung Jepang yang membuat menu khas Jepang, seperti bento dan tempura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.