Gaya

Rumah Minimalis Dengan Kolam Renang Pribadi, Memang Bisa?

 Memiliki rumah minimalis tidak berarti bahwa pemilik rumah tidak bisa mengisinya dengan bangunan atau spot-spot yang diinginkan seperti kolam renang pribadi. Memang terpenting adalah membagi ruang-ruang sesuai peruntukan dan kebutuhannya.

Jangan salah, meskipun Anda membangun kolam pada lahan pribadi dalam rumah, ternyata izin pembangunan harus diajukan. Tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda tidak terkena masalah di kemudian hari. Pihak pemda memiliki aturan yang berbeda di tiap daerahnya

 

Apa Saja Yang Dibutuhkan Pada Pembuatan Kolam Renang Pribadi

Anda dapat menyesuaikan bentuk rumah dengan budget dan selera. Rumah minimalis sekalipun tetap membutuhkan tampilan yang cantik dan berkelas. Meski sederhana, kehadiran kolam renang dapat membuat penghuni rumah terutama anak-anak sangat senang.

1.     Material

Anda memerlukan besi, kayu, pipa, keramik, pasir, dan semen untuk membuat sebuah kolam renang sederhana yang diletakkan di salah satu spot rumah minimalis Anda. Pastikan semua bahan yang dipilih adalah kualitas super.

2.     Ukuran

Kolam renang standar di ruang publik yang ada umumnya memiliki kedalaman 1-4 meter serta panjang dan lebarnya 5 x 25 m. Kolam renang pribadi dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Perhatikan faktor keamanan untuk penghuni rumah terutama bila ada anak kecil.

3.     Biaya Perawatan

Biaya kolam renang minimalis dan perawatannya sudah harus Anda pikirkan sebelum membuat kolam renang. Perawatan membutuhkan kaporit yang kisaran harganya antara 40.000 sampai 50.000 rupiah.

Sedangkan untuk membersihkan lebih detail seperti menguras dan treatment lainnya minimal budget yang diperlukan adalah 500.000. Tergantung besar kolam dan jenis perawatan yang dilakukan.

4.     Desain

Untuk desain disesuaikan dengan konsep minimalis. Untuk menerapkan desain yang terlalu banyak detailnya tentu tidak efisien. Desain kolam renang minimalis dengan model yang tidak simple tentu akan menguras budget lebih banyak. Selain itu pergerakan dalam kolam menjadi tidak leluasa karena terbentur detail yang banyak.

Kolam renang minimalis di belakang rumah memang membuat rumah Anda akan terlihat mewah. Adanya kolam renang pribadi akan memudahkan penghuninya berenang di area yang lebih privat. Aman, nyaman, dan pastinya lebih sehat karena hanya penghuni rumah yang dapat mengaksesnya.

Ingat, meskipun kolam renang pribadi cenderung lebih bersih dari kolam di tempat publik, Anda harus tetap memperhatikan kebersihannya. Jangan menunda-nunda waktu saat membersihkan dan menguras air kolam renang karena akan menimbulkan sarang penyakit.

Tahap pembuatan kolam pribadi yaitu menentukan ukuran serta desain yang sesuai. Kemudian melakukan penggalian dan selanjutnya memasang rangka, instalasi listrik, serta pipa. Diikuti oleh pelapisan kolam renang dan pembuatan pinggiran kolam. Bila telah selesai maka kolam siap diisi dengan air.

Bersinggungan dengan air pasti berkaitan erat dengan kebocoran. Gunakan selalu pipa kualitas tinggi agar tidak terjadi kebocoran kecil apalagi besar. Untuk saluran drainase, Anda membutuh pipa beton produk SCG karena ketahanannya yang tinggi.

Anda tentu ingin agar kolam renang dalam rumah dapat digunakan selama mungkin tanpa harus sering renovasi. Memilih material kualitas tinggi akan memudahkan Anda pada perawatan selanjutnya.

Pembangunan kolam renang pribadi akan terasa lebih mudah bila Anda memilih bahan-bahan yang kuat, kualitas andalan, dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama seperti bahan-bahan pembuatan kolam renang pada laman https://scgcbm.id/. Dijamin Anda puas dengan hasilnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.