Travel

Pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta Cenderung Datang di Hari Kerja

Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta mengatakan mulai terjadi peningkatan kunjungan secara signifikan di masa PPKM Level 2. Dalam status ini, anak-anak di bawah usia 12 tahun boleh masuk destinasi wisata.

Direktur Utama Gembira Loka, Kanjeng Mas Tumenggung (KM) A. Tirtodiprojo mengatakan, tingkat kunjungan di kebun binatang ini kian membaik. “Jumlah kunjungan harian mencapai 60 sampai 70 persen dari kondisi sebelum pandemi Covid-19,” kata pria yang akrab disapa Joko ini, Rabu 10 November 2021.

Hanya saja, Joko melanjutkan, ada perubahan pola kunjungan wisatawan di masa PPKM Level 2. Mereka tak lagi berdatangan di akhir pekan atau pada Jumat sampai Ahad, melainkan di hari kerja. Dengan begitu, jumlah pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka pada Senin sampai Kamis, juga cukup banyak.

Dari peningkatan 70 persen ini, jumlah kunjungan di akhir pekan hanya sekitar 30 persennya saja. Sisanya datang pada hari kerja. “Wisatawan yang memilih berkunjung pada hari biasa mungkin karena merasa lebih aman dan nyaman ketimbang di akhir pekan,” ujarnya.

Joko bersyukur masih mampu merawat koleksi satwa Kebun Binatang Gembira Loka di tengah kasus Covid-19 di Yogyakarta yang masih naik turun. Selama pandemi, pengelola kebun binatang ini membantu sejumlah kelahiran satwa koleksinya. Pada awal Juni 2021 terjadi kelahiran orangutan serta menetasnya telur pinguin, burung bayan, dan burung kakatua. Kebun Binatang Gembira Loka juga kedatangan satwa baru singa Afrika dan meerkat.

Tepat pada hari pahlawan 10 November 2021, Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta juga merayakan hari ulang tahun yang ke-68. Peringatan kali ini hanya diikuti jajaran pimpinan dan pengurus yayasan, tanpa menyertakan karyawan untuk menghindari kerumunan.

HUT Kebun Binatang Gembira Loka tahun ini sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang ditandai dengan penyerahan tumpeng buah-buahan kepada perawat satwa. Selanjutnya tumpeng tersebut diberikan kepada satwa kebun binatang itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.