Travel

Agenda Wisata di Mandalika ‘Pemanasan’ Buat Hiburan Wisatawan World Superbike

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menggelar sejumlah agenda wisata menyambut perhelatan World Superbike pada 19-21 November 2021. Salah satunya adalah Sekotong Festival Air – The Southland Dance yang berlangsung Sabtu, 13 November 2021.

Letak Sekotong relatif dekat dengan Sirkuit Mandalika yang menjadi tempat World Superbike 2021 beberapa hari ke depan. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam berharap kegiatan tersebut menjadi peluang bangkitnya pariwisata di Sekotong.

Kegiatan Sekotong Festival Air – The Southland Dance bermula dengan membersihkan area bawah laut dan transplantasi karang di Gili Layar, Sekotong yang dipimpin oleh Komandan Kodim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan. Ada pula acara masak-masak oleh para ibu bersama Indonesian Chef Association atau ICA di Pantai Arjuna, Batu Kijuk, Sekotong Barat. Para perias atau makeup artist di kawasan Sekotong juga ambil bagian dengan menggelar kelas kecantikan.

Pada Sabtu malam, ada kemping, hiburan musik, dan diskusi seputar isu pariwisata di Pantai Elak-Elak. Acara tersebut disiarkan langsung melalui kanal YouTube Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dan YouTube TVRI NTB. Sebagai penutup, Sekotong Festival Air menghadirkan agenda nonton bareng tanyangan World Superbike di pinggir pantai.

Saepul Akhkam mengatakan, agenda wisata untuk ‘pemanasan’ sebelum World Superbike dan MotoGP Mandalika akan membuat masyarakat peduli terhadap acara ini. “Kesadaran masyarakat tentang dua acara bertaraf internasional ini penting untuk promosi wisata,” ujarnya. “Kami ingin masyarakat menyadari bahwa membangun pariwisata berkelanjutan harus berbasis masyarakat.”

Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat, Agus Gunawan mengatakan, popularitas Sekotong tak kalah dengan sejumlah destinasi wisata lain di NTB. “Sekotong terkenal dengan keindahan pantai, pulau-pulau kecil, dan aman bawah laut,” ucap Agus.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Lombok Barat, Lozawa Abdul Majid menyatakan, Sekotong termasuk daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika. Sebab itu, penting untuk memberdayakan masyarakat pada berbagai acara pariwisata di sana. “Masa depan Sekotong itu ada pada masyarakat Sekotong sendiri,” ujarnya.

Pada Ahad, 14 November 2021, Sekotong Festival Air – The Southland Dance di Gili Gede dimeriahkan dengan lomba layang-layang hias, lomba presean, lomba perahu layar. Ada pula acara pamungkas live music di tengah laut yang menampilkan Rosanna Band.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.